Minggu, 29 November 2009

E-Learning : belajar untuk belajar

Tahun 2007, sekolah kita, SMAN 1 Pare, udah mulai ngadain E-Learning buat ngelengkapin sarana - prasarana yang tersedia di sekolah kita tercinta ini. E-Learning ini bantu banget kerjaan guru - guru. Selain praktis, E-Learning juga bantu mereka jadi lebih maju di bidang TIK. Siswa - siswinya pun juga dipaksa buat ngikutin perkembangan TIK dengan ngabisin sangu di warnet terdekat demi perolehan nilai terbaik! Kelebihan lain E-Learning di SMA kita juga keliatan dari settingannya yang rapi en gampang dipelajarin. Tapi masih banyak juga temen - temen yang ngeluh ma aku. Katanya E-Learning di sekolah tuh lemot, mbulet, gampang error, gak penting, ngabisin sangu, n bikin pusing!
Tapi enaknya, mereka jadi bisa contoan waktu ulangan.. terus juga bisa ngerepek, numpang nampang di warnet, en bikin tuh tempat jadi heboh & gonjang ganjing kayak kedatangan gempa bumi. .hehe^___^
Yang lebih heboh lagi, perpus, lab.komp, en lab.multimedia jadi lebih payu timbang kantin / kopsis!! Oops.., OSIS juga gak luput dari incaran para peserta ujian online yang pengen ngehemat uang sangu & ngejar deadline.

Diluar semua cuap – cuap & gosip – gosip pedes yang nyebar kayak virus trojan yang mesti dibasmi itu, E-Learning juga punya manfaat, fungsi, tujuan, hikmah, faedah, kelebihan, kekurangan yang harus kita pahami dan maklumi. Aku tahu beberapa dari itu. Check it out!

Manfaat pembelajaran elektronik or e-Learning :
Pembelajaran dari mana dan kapan saja (time and place flexibility).
Nambahnya interaksi pembelajaran antara murid ma guru or instruktur (interactivity enhancement).
Ngejangkau murid dalam cakupan yang luas (global audience).
Gampangin penyempurnaan en penyimpanan materi pembelajaran (easy updating of content as well as archivable capabilities).

Fungsi e-Learning bisa jadi pelengkap, en di kondisi tertentu malah bisa jadi alternatif lain dari pembelajaran konvensional. So, murid ma guru bisa dapet manfaat dari e-Learning yaitu fleksibilitas kegiatan pembelajaran, baik dalam arti interaksi murid ma materi, or interaksi murid ma guru, juga interaksi antara sesama murid buat diskusiin pelajaran.

So,dengan adanya sistem e-Learning kita harus bisa make secara optimal dan memasyarakatkan penggunaan e-learning apalagi di Indonesia, jadi e-learning bisa jadi lebih efektif seiring dengan semakin berkembangnya teknologi dan metode pembelajaran yang dipake.

Saran buat yang bikin e-learning di sekolah, supaya bisa bikin media pembelajaran yang lebih optimal, mudah, dan kompeten lagi. Jadi guru dan siswa bisa sama – sama enak. Kalo bisa, designnya juga dibikib yang full color en uptodate! Jangan mpe ktinggalan ma sekolahan laen.. .. ..

Yang terakhir, aku jangan dimarahin gara – gara postinganku ini ya pak. . .hehehee
Salam Heboh!^____^

e-learning

Tidak ada komentar:

Posting Komentar